Firefox 3.0 V Opera 9.5

Oleh: ADI BLOGGER 14 Feb 2011 0 comments
Berita seputar dua browser terkenal telah muncul dalam periode yang sama, Firefox dan Opera. Firefox 3, tentu saja merupakan berita terbesar minggu ini dan dikabarkan telah meraih 8 juta user yang telah mendownload browser tersebut pada hari download Firefox 3, selama satu hari penuh, pada Selasa (17/06) kemarin. Sedangkan untuk Opera telah terbit versi 9,5 dan memiliki perbedaan dengan Firefox 3.

Salah satu hal yang sering dikomplain oleh user adalah masalah kecepatan dan memori. Firefox 3 telah menggunakan SunSpider JavaScript tes untuk mengetes kecepatan Firefox, dan hasilnya kecepatan Firefox mencapai 5500 mikrodetik untuk memproses script yang diteskan dan memiliki margin error sekitar 1,5%.
Memori RAM yang dimiliki Firefox sekitar 127 MB dengan 15 tab terbuka, sementara Opera menggunakan memori RAM sekitar 117 MB. Hal ini mengejutkan bahwa Opera hampir mampu menyamai kapasitas penyimpanan Firefox, mengingat Opera hanya menggunakan kode-kode lama.
Menurut pihak Opera, user yang senang browsing dengan ponselnya lebih menyukai browsing dengan menggunakan Opera dan menyimpan informasi personalnya ke Opera. Opera juga memiliki banyak fitur seperti location bar, yang kini menjadi inspirasi Firefox untuk membuat icon sidebar yang lebih menarik seperti untuk speed dialing dan manajemen password.
Firefox, juga memiliki plug-in dimana user dapat merubah atau mengatur open source pada Mozilla. Banyak fitur yang dimiliki Opera 9,5 seperti kemampuan untuk melihat password apakah bekerja atau tidak sebelum disimpan, juga dimiliki oleh Firefox 3. Kedua browser juga memiliki session management dan bookmark pencarian.
Kedua browser masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun user dapat memilih diantara keduanya, mana yang lebih cocok ketika browsing dan mana yang lebih disukai untuk style personal. (h_n)

http://www.beritanet.com/