Artikel Pemasaran Mobile
7 Feb 2016
0
comments
Artikel Pemasaran Mobile - Berikut ini Artikel Pemasaran Mobile.
Berbicara
tentang direct marketing atau pemasaran secara langsung,
kini para pemasar sebaiknya mulai berpikir untuk menggunakan perangkat mobile. Mengapa?
Data
dari Redwing menunjukkan bahwa sebanyak 20% orang Indonesia menggunakan ponsel
pintar, 74% menggunakan ponsel fitur dan 6% menggunakan basic phones. Diperkirakan pengguna
ponsel pintar akan terus bertumbuh dan mencapai 52% pada tahun 2017. Adapun
survei Nielsen tahun 2011 menunjukkan sebanyak 48% pengguna internet di
Indonesia mengakses internet dari perangkat mobile.
Data
tersebut menunjukkan besarnya peluang untuk memasarkan produk atau jasa secara
langsung melalui akses mobile. Berikut
beberapa cara pemasaran langsung melalui perangkat mobile:
SMS
Meskipun kini layanan chat menjamur, tapi SMS masih bertahan. Lembaga
riset Informa menunjukkan perkiraan data jumlah pesan yang dikirim lewat
aplikasi chat mencapai 50 miliar pesan per hari dan 21
miliar pesan per hari melalui SMS.
Contohnya
yaitu Planet Hollywood Resort di Las Vegas. Mereka menjalankan kampanye SMS
dalam rangka menaikkan jumlah anggota A-List Players Club.
Kampanye tersebut berhasil meningkatkan jumlah anggota hingga 13%.
Sangat
penting bagi pemasar untuk menyadari bahwa meskipun banyak platform messaging di luar sana, SMS bisa menjadi taktik
pemasaran langsung yang sangat berguna di masa kini. Namun, sebaiknya
penggunaan SMS untuk pesan promosi dan transaksi bernilai tinggi.
Aplikasi
Mobile
Aplikasi mobile memberikan kemudahan dibanding mobile browser. Dengan aplikasi mobile akses ke situs menjadi lebih cepat dan
lebih mudah dalam pengunduhan. Hasil survei Google menunjukkan bahwa 67%
pengguna cenderung akan membeli produk atau layanan jika situs memberikan
kemudahan.
Bagi
para pemasar aplikasi mobile mewakili
peluang tak hanya untuk meningkatkan brand awarenessmelalui
iklan, tapi juga untuk mengumpulkan data bernilai tentang pelanggan untuk
kepentingan komunikasi.
Mobile
usage in store
Data econsultancy.com menunjukkan bahwa 60% pelanggan
yang sedang berbelanja di gerai, di waktu yang sama mengakses internet melalui
perangkat mobile-nya mencari informasi dan
membandingkan harga dan barang dalam rangka mencari penawaran terbaik.
Untuk
itulah, sangat penting bagi pemilik gerai untuk mengoptimalkan situsnya agar
mudah diakses melalui perangkat mobile. Data econsultancy.com mengatakan bahwa sebanyak 40%
pengguna perangkat mobile beralih
ke kompetitor gerai karena memiliki pengalaman buruk dengan akses mobile.
b.dasar dasar pemasaran melalui perangkat mobile
Kita
semua telah mendengar pemasaran mix tradisional, namun belum ada banyak
pekerjaan yang dilakukan pada versi mobile. Jadi ulsan ini akan memberikan
ringkasan bagus dari elemen-elemen yang membentuk lanskap ponsel pemasaran kreatif,
yang disebut 'Mobile Marketing Mix', atau MMM! yang bisa digunakan untuk
marketing dan salah satu Cara Meningkatkan Penjualan Online untuk bisnis kita.
Di masa lalu jika Anda telah mengatakan 'App' Anda
mungkin berpikir ada dua huruf, 'L' dan 'E' hilang dari itu, atau bahwa itu
setengah dari buah. Tapi itu sebenarnya singkatan dari 'Aplikasi'. Ya, di
situlah kata App berasal, siapa yang akan berpikir itu. Jadi sebuah aplikasi
adalah software kecil yang melakukan tindakan tertentu. Apakah itu jaringan
sosial, kalkulator, berita, game atau peta, aplikasi ini memiliki tujuan yang
dimaksudkan, dan baik pra-instal pada ponsel cerdas Anda atau dapat didownload
dari App.
2)
Mobile Advertising
Satu hal yang membawa aplikasi mobile adalah kesempatan
bagi iklan yang akan ditampilkan pada mereka. Sama seperti iklan muncul di
website, saat ini memperoleh penghasilan tambahan dari iklan mobile telah
menjadi tidak opsional tapi wajib. Hal yang besar tentang iklan seluler adalah
perusahaan bisa 'sendiri' yang layar kecil. Sedangkan pada sebuah situs web
mungkin ada beberapa iklan bermunculan, di iklan seluler kemungkinan besar
hanya satu yang dapat muncul.
Iklan
seluler bisa datang dalam empat bentuk:
·
Ponsel
Banner dan menampilkan: gambar grafis atau teks yang dapat mencakup media yang
kaya
·
Ponsel
PPC: iklan muncul ketika Anda mencari sesuatu di daftar dibayar
·
Iklan
seluler kontekstual: mirip dengan PPC, tapi lebih pada website / apps daripada
daftar pencarian
·
Idle
layar iklan: iklan yang ditampilkan ketika pengguna sedang menunggu untuk
halaman atau aplikasi untuk men-download
(3)
M-Commerce
Setelah
kata E-commerce diciptakan dari pembelian online, istilah telah diterapkan ke
dunia mobile. Mobile Commerce adalah tindakan membeli produk atau jasa melalui
ponsel. Sehingga bisa menjadi apa pun dari pembelian sepatu dari M & S
untuk melatih tiket dari Trainline. Selama itu dibeli melalui perangkat
telepon, dapat disebut M-Commerce.
M-Commerce
telah merevolusi membeli secara online karena Anda dapat cukup banyak membeli
sesuatu dari mana saja. Penjualan Online M-Commerce meningkat dengan cepat dan
lebih dari mungkin akan meledak selama beberapa tahun ke depan.
(4)
QR Codes
Dikenal
secara resmi sebagai Kode Respon Cepat atau informal sebagai QR Codes, ini
telah menjadi aspek yang semakin meningkat dari lanskap mobile. Kode QR adalah
barcode yang dapat muncul di atas kertas, produk atau papan reklame, dan dapat
dibaca dengan menggunakan smartphone atau perangkat membaca QR berdedikasi dan
berisi URL di dalamnya. Jadi setelah Anda sudah menangkap kode QR link bisa
membawa Anda ke apa pun dari situs Web untuk pesan atau penawaran khusus.
(5)
Kupon Mobile
Sebuah
kupon seluler adalah tiket elektronik atau pesan yang dikirim ke ponsel
seseorang biasanya melalui SMS atau teks MMS bagi orang untuk menebus tawaran
atau mendapatkan diskon pada produk atau jasa. Ini adalah cara yang bagus untuk
mendorong baik langkah kaki ke toko Anda atau lalu lintas ke situs Anda. Ponsel
kupon biasanya tepat sasaran karena mereka juga tahu Anda akan tertarik tawaran
itu, atau Anda berada di daerah setempat dan bisa mengambil keuntungan dari
itu.
(6)
Pemasaran Berbasis Lokasi Mobile
Ada
jenis dua elemen ini. Yang pertama adalah saling terkait dengan poin sebelumnya
tentang kupon mobile dan berada di lokasi yang tepat untuk menebus mereka.
Iklan yang ditargetkan menggunakan GPS adalah cara yang fantastis untuk
menjangkau khalayak luas dan berkembang cepat! Bagian kedua menggabungkan dua
aspek, aplikasi atau situs web dengan lokasi. Contoh utama dari ini adalah
Foursquare di mana aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengirim update di mana
Anda berada. Selain itu, Facebooks 'Check in' dan pencari jaringan sosial
lokasi lain telah terintegrasi mobile dan lokasi bersama-sama untuk
memungkinkan Anda untuk memberitahu dunia di mana Anda berada.
(7)
Pembayaran Mobile
Bayangkan
situasi, teman Anda ingin membeli sesuatu secara online tetapi telah kehabisan
uang atau seseorang berutang uang Anda. Daripada menunggu lama untuk cek untuk
menghapus Anda sekarang dapat melakukan pembayaran yang cepat melalui ponsel
Anda. Itu karena dengan men-download sebuah aplikasi uang dapat ditransfer ke
account Anda langsung melalui kekuatan perangkat mobile Anda. Besar! Tidak ada
lagi menunggu diperlukan!
( 8
) Website Mobile
Aspek
kedelapan dan terakhir dari MMM adalah situs dioptimalkan mobile, jadi sekarang
kita tidak berbicara tentang aplikasi , tetapi lebih website yang mengakomodasi
mobile. Misalnya ,m.bbc.co.uk/news adalah situs mobile BBC News. Jika Anda mengetik ini menjadi sebuah mesin pencari pada
ponsel Anda maka ini akan menjadi antarmuka Anda akan melihat . Situs ini lebih
dikompresi dengan desain , kegunaan dan navigasi fitur yang memungkinkan situs
untuk dilihat dari layar kecil pada ponsel . Jadi meskipun Anda dapat
men-download aplikasi BBC News masih harus versi situs web mobile yang dibuat
hanya dalam kasus Anda mengakses situs dari mesin pencari atau situs lain .
Namun, kita semua berada di sana ketika masih ada tidak
dioptimalkan situs mobile! Panik memperluas dan menyeret halaman atas, bawah
dan di seluruh ! Sangat menjengkelkan !Jadi ada yang kita miliki . Ada gambaran
dari delapan elemen utama pemasaran mobile yang dalam beberapa cara semua
saling berhubungan . Tidak ada pertanyaan bahwa pemasaran mobile meningkat dan
mungkin tahun depan daftar ini dan bauran pemasaran ponsel akan meningkat lebih
lanjut !
c.membuat
website menggunakan templat word press untuk perangkat mobile
Kita tahu bahwa pengguna smartphone di Indonesia semakin
meningkat, dan jumlah peningkatan ini terlihat sangat signifikan. Kemudahan
dalam mengakses internet melalui ponsel pintar membuat kebanyakan orang tertarik
untuk memiliki perangkat mobile tersebut. Tidak hanya untuk mengakses media
sosial dan email, pengguna smartphone juga sering membuka konten dari halaman
website/ blog untuk membaca informasi yang ada di sana. Nah, bagi pemilik website/ blog wordpress, Anda harus menyediakan versi mobile untuk situs Anda.
Website maxmanroe.com saat
ini menggunakan Plugin WP Touch Pro 3 untuk membuat versi mobile nya. Plugin ini
saya beli dari situs www.bravenewcode.com dengan harga $49 untuk single
license. Sebenarnya plugin ini tersedia dalam versi gratis yaitu WP Touch yang
bisa kita download dari Dashboar WP Admin masing-masing, dan saya pernah
menggunakan versi gratisnya selama beberapa bulan. Namun, saya melihat banyak
kelebihan versi berbayarnya, jadi saya putuskan untuk membeli versi tersebut.
Bagi Anda yang ingin versi gratis nya, silahkan download di SINI. Jika Anda ingin menggunakan versi berbayar silahkan lihat
informasinya di SINI.
Di
artikel ini saya akan menjelaskan cara saya membuat website/ blog WordPress
versi mobile dengan menggunakan WPTouch Pro.
Setelah
melakukan proses order dan membayar, plugin tersebut akan dikirimkan oleh
developer nya ke email Anda dengan mengirimkan link download. File yang Anda
terima akan berbentuk zip. Setelah berhasil di download, langkah selanjutnya
adalah menginstal ke WordPress Anda melalui halaman dashboard WP Anda, lalu
upload plugin WP Touch Pro.
2.
Setting Plugin WP Touch Pro
Setelah
plugin tersebut berhasil diinstal dan diaktivasi, langkah selanjutnya adalah
membuat settingan website/ blog versi mobile Anda. Di sebelah kiri halaman
dashboard WordPress kita akan melihat link untuk masuk ke halaman WP Touch,
silahkan klik link itu.
A. Pengaturan Inti
Pada
halaman ini kita bisa membuat beberapa pengaturan inti, diantaranya memasukkan
judul situs, mengatur regionalisasi untuk bahasa, mengatur mode tampilan, dan
beberapa pengaturan lainnya. Anda bisa mengatur
sesuai dengan yang Anda inginkan.
B.
Tema & Ekstensi
Di dalam halaman ini
kita akan melihat beberapa pilihan themes untuk mobile site. Anda bisa memilih salah
satu yang paling cocok dengan situs Anda. Maxmanroe.com menggunakan theme CMS
dari WP Touch Pro untuk versi mobile nya. Pada halaman ekstensi kita bisa
melihat beberapa fitur tambahan dari WP Touch Pro, seperti Infinity Cache untuk
membantu mempercepat load website, Responsive images untuk meningkatkan
kualitas gambar pada mobile site, dan Mobile content. Sayangnya
saya tidak bisa menggunakan fitur ini karena harus meningkatkan lisensi WPTouch
Pro milik saya. Klik
tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan hasil setingan Anda.
C. Pengaturan CMS (Theme CMS)
Di
halaman ini kita bisa mengatur banyak hal seperti, mengatur jumlah konten yang
tampil di homepage, mengatur jumlah link artikel terkait pada single post,
mengatur slide, mengatur warna theme dan halaman situs, memasukkan logo website
kita, menambahkan link media sosial, menambahkan script atau kode iklan, dan
pengaturan lainnya. Proses pengaturannya sangat mudah, kita tidak harus
mengerti kode html yang rumit. Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk
menyimpan hasil setingan Anda.
D. Pengaturan Menu
Pada halaman ini kita
bisa mengatur tampilan menu dan pages sesuai yang kita harapkan. Pada theme
yang saya gunakan (CMS), ada 2 pilihan menu, yaitu menu utama dan menu
alternatif. Kita bisa mengatur halaman mana yang masuk dalam tiap menu, saya
memilih pages untuk menu alternatif dan category untuk menu utama. Klik
tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan hasil setingan Anda.
Di bawah ini adalah tampilan maxmanroe.com di Smartphone
Android saya.
1.
Halaman Homepage
2.
Halaman Artikel
Apa
Kelebihan WP Touch Pro dengan Versi Gratis?
Pada
dasarnya pengaturan WPTouch Pro hampir sama dengan yang versi gratis, tapi
versi berbayar memiliki beberapa kelebihan seperti;
§ Pilihan themes lebih banyak dengan tampilan
lebih menarik
§ Kita bisa membuat pengaturan yang lebih
mendalam dan sesuai dengan keinginan kita
§ Bisa ditambahkan iklan Adsense atau iklan mobile lainnya
§ Dan beberapa kelebihan lainnya
Bagi
Anda yang belum siap membeli versi berbayar bisa mencoba versi gratisnya
terlebih dahulu untuk membantu para pengunjung yang mengakses website/ blog
Anda dari smartphone. Situs yang tidak punya versi mobile akan lebih sulit diakses
dari smartphone, selain itu tampilan full site akan terlihat kecil di
smartphone. Jika Anda serius ingin membangun sebuah situs untuk bisnis, saya
sangat menyarankan Anda untuk membuat versi mobile-nya karena kedepannya akan
semakin banyak pengunjung situs Anda dari smartphone.
D,
strategi pemasaran online
Strategi pemasaran online merupakan cara untuk memberikan
sebuah informasi kepada konsumen sebagai pengguna internet mengenai apa saja
yang ingin disampaikan. Dalam hal usaha dan bisnis, segala informasi mengenai
hal itu sangat diperlukan agar produk barang dan jasa yang dihasilkan dapat
diketahui oleh konsumen sehingga memuaskan kebutuhan akan informasi.
Penyampaian informasi ini sangat dianjurkan menggunakan
bahasa yang mudah dimengerti dan diingat agar informasi terbuat gampang dicerna
oleh masyarakat sebagai terget pasar yang ingin digapai.
Pemasaran secara online di era informasi teknologi saat
ini sangat membantu sekali dalam peningkatan usaha dan bisnis. Semua telah
berubah ke arah yang serba digital. Banyak cara untuk melakukan pemasaran
secara online yang bisa digunakan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di
internet.
Ada beberapa cara yang dianggap efektif untuk melakukan
strategi pemasaran online yang dapat dilakukan. Diantaranya adalah
sebagai berikut :
SEO (Search Engine Optimization).
Cara ini adalah salah satu kata kunci untuk dapat sukses
di bisnis secara online. Pemanfaatan search engine sebagai sarana pencarian
online memberikan peluang kepada bisnis anda untuk menjadi yang terdepan dan
nomor satu. Dengan mengoptimalkan semua konten dari website maka diharapkan
website anda menjadi gampang dan mudah ditelusuri menggunakan search engine
dengan menggunakan layanan jasa SEO.
Blog Marketing.
Menggunakan blog sebagai
sarana untuk mempromosikan bisnis dan usaha adalah cara untuk meningkatkan
traffic atau pengunjung ke website bisnis anda. Mengisi blog dengan konten yang
berhubungan dengan website bisnis dan usaha serta menempatkan link situs anda
di dalamnya mempermudah pengunjung untuk langsung mengarah ke halaman website
anda.
Social Media.
Strategi pemasaran dengan
mengunakan social media saat ini sudah menjadi trend yang berkembang dengan
pesat. Promosi dapat langsung menyentuh pasar yang ingin diraih karena
pengguna social media saat ini sangat tinggi dan terus meningkat secara
drastis. Selain Twitter, ada satu social media yang sangat tinggi penggunanya
saat ini yaitu facebook.
Membangun hubungan dengan
pelanggan di social media menciptakan loyalitas kepada bisnis anda dan dapat
membangun komunitas yang menjadi pengguna setia produk barang dan produk jasa
bisnis anda.
Dengan menggunakan strategi pemasaran online diharapkan target yang ingin dicapai dalam penjualan dapat diraih dengan penuh dan memberikan keuntungan yang signifikan.
Dengan menggunakan strategi pemasaran online diharapkan target yang ingin dicapai dalam penjualan dapat diraih dengan penuh dan memberikan keuntungan yang signifikan.