Artikel Pemasaran Mobile

Oleh: ADI BLOGGER 7 Feb 2016 0 comments


Artikel Pemasaran Mobile - Berikut ini Artikel Pemasaran Mobile.

Berbicara tentang direct marketing atau pemasaran secara langsung, kini para pemasar sebaiknya mulai berpikir untuk menggunakan perangkat mobile. Mengapa?
Data dari Redwing menunjukkan bahwa sebanyak 20% orang Indonesia menggunakan ponsel pintar, 74% menggunakan ponsel fitur dan 6% menggunakan basic phones. Diperkirakan pengguna ponsel pintar akan terus bertumbuh dan mencapai 52% pada tahun 2017. Adapun survei Nielsen tahun 2011 menunjukkan sebanyak 48% pengguna internet di Indonesia mengakses internet dari perangkat mobile.
Data tersebut menunjukkan besarnya peluang untuk memasarkan produk atau jasa secara langsung melalui akses mobile. Berikut beberapa cara pemasaran langsung melalui perangkat mobile:
SMS
Meskipun kini layanan chat menjamur, tapi SMS masih bertahan. Lembaga riset Informa menunjukkan perkiraan data jumlah pesan yang dikirim lewat aplikasi chat mencapai 50 miliar pesan per hari dan 21 miliar pesan per hari melalui SMS.
Contohnya yaitu Planet Hollywood Resort di Las Vegas. Mereka menjalankan kampanye SMS dalam rangka menaikkan jumlah anggota A-List Players Club. Kampanye tersebut berhasil meningkatkan jumlah anggota hingga 13%.
Sangat penting bagi pemasar untuk menyadari bahwa meskipun banyak platform messaging di luar sana, SMS bisa menjadi taktik pemasaran langsung yang sangat berguna di masa kini. Namun, sebaiknya penggunaan SMS untuk pesan promosi dan transaksi bernilai tinggi.
Aplikasi Mobile
Aplikasi mobile memberikan kemudahan dibanding mobile browser. Dengan aplikasi mobile akses ke situs menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam pengunduhan. Hasil survei Google menunjukkan bahwa 67% pengguna cenderung akan membeli produk atau layanan jika situs memberikan kemudahan.
Bagi para pemasar aplikasi mobile mewakili peluang tak hanya untuk meningkatkan brand awarenessmelalui iklan, tapi juga untuk mengumpulkan data bernilai tentang pelanggan untuk kepentingan komunikasi.
Mobile usage in store
Data econsultancy.com menunjukkan bahwa 60% pelanggan yang sedang berbelanja di gerai, di waktu yang sama mengakses internet melalui perangkat mobile-nya mencari informasi dan membandingkan harga dan barang dalam rangka mencari penawaran terbaik.
Untuk itulah, sangat penting bagi pemilik gerai untuk mengoptimalkan situsnya agar mudah diakses melalui perangkat mobile. Data econsultancy.com mengatakan bahwa sebanyak 40% pengguna perangkat mobile beralih ke kompetitor gerai karena memiliki pengalaman buruk dengan akses mobile.

b.dasar dasar pemasaran melalui perangkat mobile
Kita semua telah mendengar pemasaran mix tradisional, namun belum ada banyak pekerjaan yang dilakukan pada versi mobile. Jadi ulsan ini akan memberikan ringkasan bagus dari elemen-elemen yang membentuk lanskap ponsel pemasaran kreatif, yang disebut 'Mobile Marketing Mix', atau MMM! yang bisa digunakan untuk marketing dan salah satu Cara Meningkatkan Penjualan Online untuk bisnis kita.
Di masa lalu jika Anda telah mengatakan 'App' Anda mungkin berpikir ada dua huruf, 'L' dan 'E' hilang dari itu, atau bahwa itu setengah dari buah. Tapi itu sebenarnya singkatan dari 'Aplikasi'. Ya, di situlah kata App berasal, siapa yang akan berpikir itu. Jadi sebuah aplikasi adalah software kecil yang melakukan tindakan tertentu. Apakah itu jaringan sosial, kalkulator, berita, game atau peta, aplikasi ini memiliki tujuan yang dimaksudkan, dan baik pra-instal pada ponsel cerdas Anda atau dapat didownload dari App.
2) Mobile Advertising
Satu hal yang membawa aplikasi mobile adalah kesempatan bagi iklan yang akan ditampilkan pada mereka. Sama seperti iklan muncul di website, saat ini memperoleh penghasilan tambahan dari iklan mobile telah menjadi tidak opsional tapi wajib. Hal yang besar tentang iklan seluler adalah perusahaan bisa 'sendiri' yang layar kecil. Sedangkan pada sebuah situs web mungkin ada beberapa iklan bermunculan, di iklan seluler kemungkinan besar hanya satu yang dapat muncul.
Iklan seluler bisa datang dalam empat bentuk:
·         Ponsel Banner dan menampilkan: gambar grafis atau teks yang dapat mencakup media yang kaya
·         Ponsel PPC: iklan muncul ketika Anda mencari sesuatu di daftar dibayar
·         Iklan seluler kontekstual: mirip dengan PPC, tapi lebih pada website / apps daripada daftar pencarian
·         Idle layar iklan: iklan yang ditampilkan ketika pengguna sedang menunggu untuk halaman atau aplikasi untuk men-download
(3) M-Commerce
Setelah kata E-commerce diciptakan dari pembelian online, istilah telah diterapkan ke dunia mobile. Mobile Commerce adalah tindakan membeli produk atau jasa melalui ponsel. Sehingga bisa menjadi apa pun dari pembelian sepatu dari M & S untuk melatih tiket dari Trainline. Selama itu dibeli melalui perangkat telepon, dapat disebut M-Commerce.
M-Commerce telah merevolusi membeli secara online karena Anda dapat cukup banyak membeli sesuatu dari mana saja. Penjualan Online M-Commerce meningkat dengan cepat dan lebih dari mungkin akan meledak selama beberapa tahun ke depan.
(4) QR Codes
Dikenal secara resmi sebagai Kode Respon Cepat atau informal sebagai QR Codes, ini telah menjadi aspek yang semakin meningkat dari lanskap mobile. Kode QR adalah barcode yang dapat muncul di atas kertas, produk atau papan reklame, dan dapat dibaca dengan menggunakan smartphone atau perangkat membaca QR berdedikasi dan berisi URL di dalamnya. Jadi setelah Anda sudah menangkap kode QR link bisa membawa Anda ke apa pun dari situs Web untuk pesan atau penawaran khusus.
(5) Kupon Mobile
Sebuah kupon seluler adalah tiket elektronik atau pesan yang dikirim ke ponsel seseorang biasanya melalui SMS atau teks MMS bagi orang untuk menebus tawaran atau mendapatkan diskon pada produk atau jasa. Ini adalah cara yang bagus untuk mendorong baik langkah kaki ke toko Anda atau lalu lintas ke situs Anda. Ponsel kupon biasanya tepat sasaran karena mereka juga tahu Anda akan tertarik tawaran itu, atau Anda berada di daerah setempat dan bisa mengambil keuntungan dari itu.
(6) Pemasaran Berbasis Lokasi Mobile
Ada jenis dua elemen ini. Yang pertama adalah saling terkait dengan poin sebelumnya tentang kupon mobile dan berada di lokasi yang tepat untuk menebus mereka. Iklan yang ditargetkan menggunakan GPS adalah cara yang fantastis untuk menjangkau khalayak luas dan berkembang cepat! Bagian kedua menggabungkan dua aspek, aplikasi atau situs web dengan lokasi. Contoh utama dari ini adalah Foursquare di mana aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengirim update di mana Anda berada. Selain itu, Facebooks 'Check in' dan pencari jaringan sosial lokasi lain telah terintegrasi mobile dan lokasi bersama-sama untuk memungkinkan Anda untuk memberitahu dunia di mana Anda berada.
(7) Pembayaran Mobile
Bayangkan situasi, teman Anda ingin membeli sesuatu secara online tetapi telah kehabisan uang atau seseorang berutang uang Anda. Daripada menunggu lama untuk cek untuk menghapus Anda sekarang dapat melakukan pembayaran yang cepat melalui ponsel Anda. Itu karena dengan men-download sebuah aplikasi uang dapat ditransfer ke account Anda langsung melalui kekuatan perangkat mobile Anda. Besar! Tidak ada lagi menunggu diperlukan!
( 8 ) Website Mobile
Aspek kedelapan dan terakhir dari MMM adalah situs dioptimalkan mobile, jadi sekarang kita tidak berbicara tentang aplikasi , tetapi lebih website yang mengakomodasi mobile. Misalnya ,m.bbc.co.uk/news adalah situs mobile BBC News. Jika Anda mengetik ini menjadi sebuah mesin pencari pada ponsel Anda maka ini akan menjadi antarmuka Anda akan melihat . Situs ini lebih dikompresi dengan desain , kegunaan dan navigasi fitur yang memungkinkan situs untuk dilihat dari layar kecil pada ponsel . Jadi meskipun Anda dapat men-download aplikasi BBC News masih harus versi situs web mobile yang dibuat hanya dalam kasus Anda mengakses situs dari mesin pencari atau situs lain .
Namun, kita semua berada di sana ketika masih ada tidak dioptimalkan situs mobile! Panik memperluas dan menyeret halaman atas, bawah dan di seluruh ! Sangat menjengkelkan !Jadi ada yang kita miliki . Ada gambaran dari delapan elemen utama pemasaran mobile yang dalam beberapa cara semua saling berhubungan . Tidak ada pertanyaan bahwa pemasaran mobile meningkat dan mungkin tahun depan daftar ini dan bauran pemasaran ponsel akan meningkat lebih lanjut !
c.membuat website menggunakan templat word press untuk perangkat mobile
Kita tahu bahwa pengguna smartphone di Indonesia semakin meningkat, dan jumlah peningkatan ini terlihat sangat signifikan. Kemudahan dalam mengakses internet melalui ponsel pintar membuat kebanyakan orang tertarik untuk memiliki perangkat mobile tersebut. Tidak hanya untuk mengakses media sosial dan email, pengguna smartphone juga sering membuka konten dari halaman website/ blog untuk membaca informasi yang ada di sana. Nah, bagi pemilik website/ blog wordpress, Anda harus menyediakan versi mobile untuk situs Anda.
Website maxmanroe.com saat ini menggunakan Plugin WP Touch Pro 3 untuk membuat versi mobile nya. Plugin ini saya beli dari situs www.bravenewcode.com dengan harga $49 untuk single license. Sebenarnya plugin ini tersedia dalam versi gratis yaitu WP Touch yang bisa kita download dari Dashboar WP Admin masing-masing, dan saya pernah menggunakan versi gratisnya selama beberapa bulan. Namun, saya melihat banyak kelebihan versi berbayarnya, jadi saya putuskan untuk membeli versi tersebut. Bagi Anda yang ingin versi gratis nya, silahkan download di SINI. Jika Anda ingin menggunakan versi berbayar silahkan lihat informasinya di SINI.
Di artikel ini saya akan menjelaskan cara saya membuat website/ blog WordPress versi mobile dengan menggunakan WPTouch Pro.
Setelah melakukan proses order dan membayar, plugin tersebut akan dikirimkan oleh developer nya ke email Anda dengan mengirimkan link download. File yang Anda terima akan berbentuk zip. Setelah berhasil di download, langkah selanjutnya adalah menginstal ke WordPress Anda melalui halaman dashboard WP Anda, lalu upload plugin WP Touch Pro.
2. Setting Plugin WP Touch Pro
Setelah plugin tersebut berhasil diinstal dan diaktivasi, langkah selanjutnya adalah membuat settingan website/ blog versi mobile Anda. Di sebelah kiri halaman dashboard WordPress kita akan melihat link untuk masuk ke halaman WP Touch, silahkan klik link itu.
A. Pengaturan Inti
Pada halaman ini kita bisa membuat beberapa pengaturan inti, diantaranya memasukkan judul situs, mengatur regionalisasi untuk bahasa, mengatur mode tampilan, dan beberapa pengaturan lainnya. Anda bisa mengatur sesuai dengan yang Anda inginkan.
B. Tema & Ekstensi
Di dalam halaman ini kita akan melihat beberapa pilihan themes untuk mobile site. Anda bisa memilih salah satu yang paling cocok dengan situs Anda. Maxmanroe.com menggunakan theme CMS dari WP Touch Pro untuk versi mobile nya. Pada halaman ekstensi kita bisa melihat beberapa fitur tambahan dari WP Touch Pro, seperti Infinity Cache untuk membantu mempercepat load website, Responsive images untuk meningkatkan kualitas gambar pada mobile site, dan Mobile content. Sayangnya saya tidak bisa menggunakan fitur ini karena harus meningkatkan lisensi WPTouch Pro milik saya. Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan hasil setingan Anda.
C. Pengaturan CMS (Theme CMS)
Di halaman ini kita bisa mengatur banyak hal seperti, mengatur jumlah konten yang tampil di homepage, mengatur jumlah link artikel terkait pada single post, mengatur slide, mengatur warna theme dan halaman situs, memasukkan logo website kita, menambahkan link media sosial, menambahkan script atau kode iklan, dan pengaturan lainnya. Proses pengaturannya sangat mudah, kita tidak harus mengerti kode html yang rumit. Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan hasil setingan Anda.
D. Pengaturan Menu
Pada halaman ini kita bisa mengatur tampilan menu dan pages sesuai yang kita harapkan. Pada theme yang saya gunakan (CMS), ada 2 pilihan menu, yaitu menu utama dan menu alternatif. Kita bisa mengatur halaman mana yang masuk dalam tiap menu, saya memilih pages untuk menu alternatif dan category untuk menu utama. Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan hasil setingan Anda.
Di bawah ini adalah tampilan maxmanroe.com di Smartphone Android saya.
1. Halaman Homepage
2. Halaman Artikel
Apa Kelebihan WP Touch Pro dengan Versi Gratis?
Pada dasarnya pengaturan WPTouch Pro hampir sama dengan yang versi gratis, tapi versi berbayar memiliki beberapa kelebihan seperti;
§  Pilihan themes lebih banyak dengan tampilan lebih menarik
§  Kita bisa membuat pengaturan yang lebih mendalam dan sesuai dengan keinginan kita
§  Bisa ditambahkan iklan Adsense atau iklan mobile lainnya
§  Dan beberapa kelebihan lainnya
Bagi Anda yang belum siap membeli versi berbayar bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu untuk membantu para pengunjung yang mengakses website/ blog Anda dari smartphone. Situs yang tidak punya versi mobile akan lebih sulit diakses dari smartphone, selain itu tampilan full site akan terlihat kecil di smartphone. Jika Anda serius ingin membangun sebuah situs untuk bisnis, saya sangat menyarankan Anda untuk membuat versi mobile-nya karena kedepannya akan semakin banyak pengunjung situs Anda dari smartphone.
D, strategi pemasaran online
Strategi pemasaran online merupakan cara untuk memberikan sebuah informasi kepada konsumen sebagai pengguna internet mengenai apa saja yang ingin disampaikan. Dalam hal usaha dan bisnis, segala informasi mengenai hal itu sangat diperlukan agar produk barang dan jasa yang dihasilkan dapat diketahui oleh konsumen sehingga memuaskan kebutuhan akan informasi.
Penyampaian informasi ini sangat dianjurkan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan diingat agar informasi terbuat gampang dicerna oleh masyarakat sebagai terget pasar yang ingin digapai.
Pemasaran secara online di era informasi teknologi saat ini sangat membantu sekali dalam peningkatan usaha dan bisnis. Semua telah berubah ke arah yang serba digital. Banyak cara untuk melakukan pemasaran secara online yang bisa digunakan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di internet.
Ada beberapa cara yang dianggap efektif untuk melakukan strategi pemasaran online yang dapat dilakukan.  Diantaranya adalah sebagai berikut :
SEO (Search Engine Optimization).
Cara ini adalah salah satu kata kunci untuk dapat sukses di bisnis secara online. Pemanfaatan search engine sebagai sarana pencarian online memberikan peluang kepada bisnis anda untuk menjadi yang terdepan dan nomor satu. Dengan mengoptimalkan semua konten dari website maka diharapkan website anda menjadi gampang dan mudah ditelusuri menggunakan search engine dengan menggunakan layanan jasa SEO.
Blog Marketing.
Menggunakan blog sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis dan usaha adalah cara untuk meningkatkan traffic atau pengunjung ke website bisnis anda. Mengisi blog dengan konten yang berhubungan dengan website bisnis dan usaha serta menempatkan link situs anda di dalamnya mempermudah pengunjung untuk langsung mengarah ke halaman website anda.
Social Media.
Strategi pemasaran dengan mengunakan social media saat ini sudah menjadi trend yang berkembang dengan pesat. Promosi dapat langsung menyentuh pasar yang ingin diraih karena pengguna  social media saat ini sangat tinggi dan terus meningkat secara drastis. Selain Twitter, ada satu social media yang sangat tinggi penggunanya saat ini yaitu facebook.
Membangun hubungan dengan pelanggan di social media menciptakan loyalitas kepada bisnis anda dan dapat membangun komunitas yang menjadi pengguna setia produk barang dan produk jasa bisnis anda.
Dengan menggunakan strategi pemasaran online diharapkan target yang ingin dicapai dalam penjualan dapat diraih dengan penuh dan memberikan keuntungan yang signifikan.