Pengertian Promosi Adalah

Oleh: ADI BLOGGER 7 Feb 2016 0 comments
Pengertian Promosi Adalah - Berikut ini makalah mengenai Promosi.

A. Pengertian Promosi Dewasa ini persaingan usaha sangat ketat. hal ini terjadi  karena banyaknya perusahaan yang didirikan, produksi berlimpah  dari berbagai perusahaan, serta jenis barang yang beraneka ragam. Masing-masing perusahaan saling berlomba agar produknya diminati  konsumen.sementara konsumen  sekarang mulai selektif dalam melakukan pembelian, yaitu mereka membeli produk yang benar-benar dibutuhkan dan bukan sekedar diinginkan.untuk itu diperlukan suatu uasaha perusahaan yang berupa pengenal produk kepada konsumen, sehingga konsumen mau mengakui manfaat atau kegunaan dari produk yang ditawarkan, yaitu melalui kegiatan promosi.
Promosi  merupakan salah satu variable didalam marketing mix yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam pemasaran produk atau jasanya. Istilah promosi diartikan sebagai berikut:

-             Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran
-             Promosi adalah semua jenis kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk mendorong permintaan.
-             Promosi adalah kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepda masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan
Dari pengertian tersebut jelas bahwa kegiatan promosi sangat luas dan dengan promosi diharapkan perusahaan akan dapat meningkatkan penjualan yang berari meningkatkan pula keuntungan.
B. Tujuan Promosi
Rossiter dan Percy (dalam Tjiptono, 2002:222) mengklasifikasikan tujuan promosi  sebagai berikut:
1.         Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need).
2.         Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada  konsumen (brand awareness).
3.         Mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude).
4.         Membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention).
5.         Mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase facilitation).
6.         Menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning)
C. Fungsi Promosi
Menurut Terence A. Shimp (2000:7) Promosi memiliki lima fungsi yang sangat penting bagi suatu perusahaan/lembaga. Kelima fungsi tersebut dijabarkan sebagai berikut:
     i.Informing (Memberikan Informasi)
Promosi membuat konsumen sadar akan produk-produk baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra sebuah perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa. Promosi menampilkan peran informasi bernilai lainnya, baik untuk merek yang diiklankan maupun konsumennya, dengan mengajarkan manfaat-manfaat baru dari merek yang telah ada.
   ii.Persuading (Membujuk)
Media promosi atau iklan yang baik akan mampu mempersuasi pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang ditawarkan. Terkadang persuasi berbentuk mempengaruhi permintaan primer, yakni menciptakan permintaan bagi keseluruhan kategori produk. Lebih sering, promosi berupaya untuk membangun permintaan sekunder, permintaan bagi merek perusahaan yang spesifik.
 iii.Reminding (Mengingatkan)
Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Saat kebutuhan muncul, yang berhubungan dengan produk dan jasa yang diiklankan, dampak promosi di masa lalu memungkinkan merek pengiklan hadir di benak konsumen. Periklanan lebih jauh didemonstrasikan untuk mempengaruhi pengalihan merek dengan mengingatkan para konsumen yang akhir-akhir ini belum membeli merek yang tersedia dan mengandung atribut-atribut yang menguntungkan.
 iv.Adding Value (Menambah nilai)
Terdapat tiga cara mendasar dimana perusahaan bisa memberi nilai tambah bagi penawaran-penawaran mereka, inovasi, penyempurnaan kualitas, atau mengubah persepsi konsumen. Ketiga komponen nilai tambah tersebut benar-benar independen. Promosi yang efektif menyebabkan merek dipandang lebih elegan, lebih bergaya, lebih bergengsi, dan bisa lebih unggul dari tawaran pesaing.
   v.Assisting (Mendampingi upaya-upaya lain dari perusahaan)
Periklanan merupakan salah satu alat promosi. Promosi membantu  perwakilan penjualan. Iklan mengawasi proses penjualan produk-produk perusahaan dan memberikan pendahuluan yang bernilai bagi wiraniaga sebelum melakukan kontak personal dengan para pelanggan yang prospektif. Upaya, waktu, dan biaya periklanan dapat dihemat karena lebih sedikit waktu yang diperlukan untuk memberi informasi kepada prospek tentang keistimewaan dan keunggulan produk jasa. Terlebih lagi, iklan melegitimasi atau membuat
D.  Bauran Promosi
Bauran promosi ( Promotion Mix)  adalah promosi yang dilakukan  dengan membaurkan empat alat penting dalam promosi yaitu:
1.                            1.   Advertensi
2.                           2. Personal selling
3.                             3.  Sales promotion
4.                             4. Publicity
Advertensi (periklanan)
Advertensi adalah bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu.
Komunikasi yang dilakukan oleh sponsor bersifat massal karena menggunakan media massa seperti radio, televisi, surat kabar, majalah. Advertensi yang berhasil sebenarnya bukan hanya mampu meningkatkan omzet penjualan, tetapi juga mampu memberikan keuntungan. Sejalan  dengan tujuan dan keuntungan  dari advertensi maka fungsi advertensi adalah:
1.        Sebagai alat informasi di dalam memperkenalkan produk baru
2.      Membantu memperluas pasar (ekspansi)
3.      Meningkatkan penjualan produk
4.      Menunjang program personal selling
5.      Meningkatkan efisiensi kerja
Berdasarkan macam media yang digunakan untuk menginformasikan kepada calon pembeli, maka advertensi dibedakan menjadi :
a.       Advertensi cetak (print advertising) , yaitu berupa iklan pada surat kabar atau majalah
b.      Advertensi elektronik(electronic advertising) , yaitu berupa iklan melalui siaran radio dan televisi
c.       Transit advertising, yaitu berupa bulletin, poster, stiker dan lain-lain
d.      Kiriman langsung (direct mail) , yaitu barang cetakan yang dikirim langsung dengan pos kepada calon pembeli.
e.       Advertensi khusus (speciality advertising), yaitusegala macam barang, berupa hadiah atau pemberian Cuma-Cuma
f.       Advertensi luar rumah( outdoor advertising), yaitu berupa papan reklame atau poster.
Berdasarkan sifatnya advertensi dapat dibedakan atas:
a.       Presentasi public (public presentation) adalah advertensi yang ditujukan untuk umum, sehingga penyajiannya juga harus bersifat umum
b.      Penembusan (Pervasiveness), adalah advertensi yang dilakukan berulang-ulang, sehingga pesan yang diinformasikan dapat meresap konsumen.
c.       Mengandung arti yang luas (amplified expressiveness) adalah advertensi yang memberikan kesempatan untuk menampilkan perusahaan dengan hasil produknya.
d.      Tidak pribadi (impersonality), adalah advertensi yang hanya dapat menjalankan komunikasi searah dengan konsumen.
Untuk penyajian advertensi, setiap perusahaan perlu memperhatikan persyaratan diantaranya adalah:
-          Harus dapat menimbulkan perhatian konsumen
-          Harus dapat menarik konsumen
-          Harus dapat menimbulkan keinginan konsumen.
Agar penyusunan advertensi lebih efektif dan efisien, sebaiknya perusahaan memperhatikan langkah-langkah dalam penyusunan advertensi diantaranya :
-          Tetapkan maksud dan tujuan
-          Tentukan siapa yang akan menggunakan produk yang diiklankan
-          Tentukan tempat, jumlah dan kebiasaan konsumen yang dituju.
-          Persiapkan kata-kata dan bahasa,gambar,layout dan penyajian advertensi
-          Pilih media yang akan digunakan
-          Siapkan tenaga ahli yang akan menyusun advetensi
-          Sediakan biaya yang diperlukan
-          Lakukan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan advertensi.
Personal Selling
Personal selling adalah penyajian barang secara lisan dan bertatap muka kepada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar barang yang ditawarkan dapat terjual. Dengan bertatap muka, diharapkan bisa menimbulkan komunikasi timbal balik untuk membina hubungan yang baik antara produsen dengan konsumen.
Personal selling sangat dibutuhkan oleh perusahan dalam usahanya:
1)      Menciptakan kepercayaan
Kontak pribadi antara pembeli dan penjual dapat menimbulkan kepercayaan pembeli terhadap barang yang ditawarkan
2)      Peragaan
      Personal selling sangat diperlukan untuk memperagakan jenis barang yang belum dikenal konsumen.
3)      Pembelian sifatnya sekali-sekali
      Mengatasi penjualan terhadap produk yang hanya sekali-sekali saja dibeli oleh konsumen
4)      Produk yang mempunyai nilai per unit sangat tinggi
Personal sellig dapat memasarkan barang yang bernilai tinggi, seperti mobil, kamera, dan sebagainya.
5)      Produk yang didesain sesuai dengn kebutuhan
      Personal selling dapat menjualkan jenis-jenis barang yang bentuk warna maupun ukuran disesuaikan, dengan permintaan konsumen, seperti tas, pakaian, dan sebagainya
Adapun yang menjadi ciri-ciri dari kegiatan personal selling adalah sebagai berikut.
1)      Hubungan akrab
Penjual harus menggunakan keahliannya untuk meperoleh rasa simpati dari pembeli, misalnya memuji para pembeli, sehingga akan terbentuk hubungan yang akrab dengan pembeli
2)      Hubungan langsung
Hubungan langsung akan menyebabkan adanya kebutuhan saling mengamati sifat penjual dengan pembeli dan mengadakan penyesuaian secara langsung.
3)      Adanya tanggapan
Personal selling membuat para pembeli merasa berkewajiban untuk mendengarkan pembicaraan penjual, memberi reaksi dan tanggapan, walaupun reaksi tersebut hanya merupakan suatu persyaratn ucapan terima kasih.
Sales Promotion
Merupakan segala kegiatan pemasaran, selain personal selling, advertensi dan publicity untuk merangsang pembelian barang perusahaan.
Promosi penjualan lebih fleksibel karena dapat dilakukan setiap saat dengan biaya yang tersedia. Promosi penjualan ini bersifat jangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang serta tidak rutin, dengan tujuan untuk mendorong lebih kuat dan mempercepat respon pasar yang ditargetkan.
Ada beberapa alat yang biasa digunakan untuk sales promotion. Dalam  mempergunakan alat-alat tersebut harus dipertimbangkan jenis pasar, sasaran yang dituju, keadaan pesaing dan biaya.
Alat- alat dalam sales promotion itu antara lain sebagai berikut:
1.      Sampel /contoh, yaitu diberikan produk contoh secara gratis kepada konsumen, dengan harapan mereka menyukainya sehingga melakukan pembelian ulang.
2.      Kupon / voucher yaitu memberikan sertifikat hak potongan kepada pemegangnya sehingga dapat menghemat pembelian produk tertentu.
3.      Premi, yaitu barang yang ditawarkan dengan harga yang sangat rendah atau bahkan gratis, sehingga suatu intensif bila orang membeli produk tersebut.
4.      Paket harga, yaitu produk yang memuat harga yang lebih rendah dari pada harga biasa.
5.      Promosi dagang (trade promotion) yaitu penawaran potongan harga pada setiap pembelian selama jangka waktu tertentu.
6.      Pemajangan di tempat penjualan
7.      Undian misalnya konsumen diajak mengumpulkan label yang memuat  nama produk/ perusahaan untuk kemudian diundi dan mendapatkan hadiah.
Publicity
Publicity adalah upaya pengaturan ruang editorial agar terpisah dari ruangan lainnya  di semua media yang dapat dibaca, dilihat  atau didengar oleh konsumen atau calon konsumen suatu produksi perusahaan untuk mencapai tujuan penjualan.
Publicity merupakan bentuk hubungan kemasyarakatan sehingga  sering disebut public relation. Alat-alat yang diperlukan untuk melaksanakan publicity adalah sebagai berikut:
1.      Jumpa pres (press relation)
Pertemuan antara wartawan dengan produsen untuk memberikan informasi untuk  di muat dalam media masa agar menarik perhatian masayarakat terhadap produk dan jasa.
2.      Publisitas produk (product publicity)
      Usaha untuk mempublikasi produk khusus.
3.      Komunikasi perusahaan
Komunikasi intern dan ekstrn dalam upaya menciptakan rasa saling pengertian diantara perusahaan.
 
Adapun tujuan publicity adalah :
1.      Meyakinkan para konsumen tentang suatu produk atau perusahaan
2.      Meningkatkan citra produk dan perusahaan.